>

Hari Ini, Rikwan Sudah Disapih

Hari ini, tanggal 15 Oktober 2016 Anak saya Muhammad Rikwan Sudah disapih. Yah, sebenarnya seperti tidak tega. Soalnya kasihan melihatnya sudah tidak mimik lagi.. Tapi mau bagaimana lagi, mungkin ini sudah waktunya kali ya.. 

Saudaraku, penyapihan ini tentunya karena mempertimbangkan beberapa hal:
  • Pertama, usianya sudah dua tahun lebih 8 hari jika tanggal 7 bulan oktober ini usianya telah genap dua tahun. Nah, menurut dalil Al Quran, lama menyusui anak yang baik itu adalah 2 tahun jika sang ibu ingin menyusui anaknya secara sempurna. Maka dari itu, tentunya anak saya telah menyusui dalam masa yang sudah cukup.
  • Kedua, menurut dokter sebaiknya bayi tidak disusui lagi setelah berumur lebih dari dua tahun. Sebab air susu ibu sudah tidak bernutrisi lagi sehingga tidak mengenyangkan bayi..
  • Ketiga, Rikwan dua minggu terakhir ini tingkahnya semakin aneh-aneh. Dulunya kalau tidur malam hari, tidak pernah minta diayun meskipun siang harinya selalu diayun. Nah, sekarang malam hari selalu rewel. Sering menangis, terlihat gelisah seolah-olah seperti anak yang lapar..Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya minta diayun terus. Makanya, saya berfikir jangan-jangan ini akibat ASI ibunya sudah tidak bagus lagi.
  • Keempat, badannya menjadi kurus drastis..Ini semakin meyakinkan dugaan saya, bahwa mungkin memang benar kalau ASI istri saya sudah tidak bernutrisi lagi.
  • Kelima, kata dukun urut tadi pagi, ASI yang masih diminum pada usia anak lebih dari 2 tahun, itu sudah menjadi racun. Idih, ngeri..
Nah, dari pertimbangan-pertimbangan di ataslah, maka saya dan istri saya sepakat untuk menyapihnya malam ini..

muhammad rikwan

Kebetulan, tadi pagi pas di rumah dukun urut langsung diambilkan tanaman sambiloto seperti ini..

daun sambiloto untuk menyapih bayi

Jadi sambiloto ini adalah tanaman yang biasa digunakan untuk menyapih bayi saudaraku.. Rasanya pahit sekali..

Cara menggunakannya, Anda tinggal meremat-remat daun sambiloto itu, dan mengoleskannya pada puting sang bunda.. Tujuannya adalah supaya saat anak mulai mencicipi ASI, anak langsung merasakan pahit dan tidak suka lagi dengan ASI ibu..

Tadi habis magrib si rikwan juga sudah mencicipi  ASI ibunya yang berasa daun sambiloto. Akhirnya, satu kali sedot, dia langsung tidak mau mimik lagi karena kepahitan. Setelah itu, Rikwan langsung meminta dibikinkan susu formula.

Alhamdulillah, nampaknya proses penyapihan anak saya ini berjalan lancar. Mudah-mudahan tidak ada kendala malam ini, sampai penyapihan benar-benar berhasil..

Mudah-mudahan Allah memberi kelancaran dan kesehatan kepada Anakku sayang.. Aamin.. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Ini, Rikwan Sudah Disapih"

Post a Comment