>

TIPS AGAR WARUNG MAKAN DISUKAI DAN RAMAI PENGUNJUNG

Saat persaingan usaha warung makan kian meningkat, maka Anda sebagai pemilik warung haruslah segera bertindak untuk menghadapi persaingan ini. Salah satu yang harus Anda lakukan tentu adalah bagaimana caranya agar warung makan Anda disukai oleh pelanggan, hingga menjadi ramai.

Anda pasti juga telah menyadari bahwa kunci kesuksesan usaha warung makan adalah banyaknya pelanggan yang selalu berlangganan di tempat Anda. Dan untuk itu, saya rasa menjaga mereka suka belanja di tempat Anda adalah kewajiban yang harus Anda lakukan.

Memikat pelanggan agar terus berlangganan memang bukanlah perkara yang mudah. Sebab yang namanya pelangan itu pasti menginginkan warung makan yang memiliki nilai plus agar mereka mau berlangganan

Nah, oleh karena itulah penting bagi Anda untuk mengetahui tips agar warung makan disukai pelanggan dan menjadi ramai. Berikut tips-tipsnya.

1. Berikan Pelayanan Yang Baik

Hal pertama adalah, Anda harus meningkatkan kualitas pelayanan Anda kepada pelanggan yang datang. Mengapa pelayanan yang baik saya tempatkan pada posisi pertama? Itu karena pelayananlah yang paling pertama pengunjung rasakan jika mereka mengunjungi sebuah warung makan.

Ketika mereka masuk, paling tidak sambutlah mereka dengan hangat, dengan ramah, dengan senyuman dan pedulikan mereka. Tanya apa yang mereka butuhkan, mau makan apa, dan lain-lain. Dengan pelayanan sebaik itu, pelanggan baru ataupun yang lama pasti akan merasa puas dan pastinya ingin kembali dan kembali lagi ke warung makan Anda.

Tidak peduli apakah warung makan yang Anda miliki sangat sederhana. Yang penting jika pelayanan bagus, pelanggan pun akan senang hati makan di tempat Anda. Tentu ini berbeda jika pelayanan Anda buruk. Mereka baru datang saja pasti sudah merasa jengkel. Mungkin karena Anda cueki, Anda berikan muka yang masam dan lain-lain. Yang jelas, ingat ya.. pelayanan yang harus diutamakan.

2. Harga yang terjangkau

Masalah harga, juga jangan sampai disepelekan. sebab tidak semua orang yang belanja di warung Anda adalah orang yang berduit. Ada sebagian mereka yang lebih mementingkan masalah harga dari pada hal lainnya.

Untuk itu, berilah harga yang terjangkau untuk makanan yang Anda jual. Jika harganya terjangkau, maka siapa pun berarti bisa makan di tempat Anda. Kalau sudah begini, kan warung Anda menjadi lebih banyak lagi pelanggannya bukan?

3. Perhatikan Kualitas Makanan

Hal kedua yang wajib Anda perhatikan adalah, tingkatkan kualitas dari makanan yang Anda jual. Pelayanan yang baik, tanpa didukung oleh makanan yang enak maka akan mengurangi pamor warung makan Anda.

Sebab orang datang ke warung makan itu ya ingin mencari makan, bukan hanya sekedar duduk dan melihat-lihat saja. Jadi, jika makanan yang Anda jual berkualitas dalam artian, enak iya, cara penyajiannya bagus iya, dan hal-hal menarik lainnya, maka pelanggan akan senang dengan hal itu.

Coba bayangkan jika pelanggan yang baru saja mencoba makanan Anda, kemudian makanan Anda kurang berselera dimatanya. Pasti, yang akan terjadi adalah mereka enggan berfikir untuk kembali lagi ke warung Anda.

4. Jaga Kebersihan Tempat dan Makanan

Agar pelanggan suka makan di tempat Anda, maka menjaga kebersihan tempat dan makanan juga wajib Anda lakukan. Siapa pun itu, pasti lebih menyukai makan di tempat yang bersih dan rapi, serta disuguhkan makanan yang bersih bukan? Sebab selera makan jadi enak jika makan di tempat yang seperti itu.

Beda halnya jika makan di tempat yang kotor dan jorok. Bau-bauan menyengat dari got-got atau dari sampah di dekat tempat makan. Kan ini bisa mengganggu kenyamanan pelanggan. Apa lagi ditambah makanan yang juga terlihat jorok. Ini kan menambah malas bagi mereka, sekaligus mengganggu selera makan yang pada akhirnya akan membuat mereka jijik jika makan di warung Anda. Kalau sudah begini, kecil peluangnya bagi mereka untuk kembali.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan tempat sangatlah penting. Agar pelanggan nyaman, dan merasa bahwa makanan, Anda pun juga aman dikonsumsi.

5. Sediakan Tempat yang nyaman

Untuk masalah tempat, ternyata tidak hanya bersih yang pelanggan sukai. Kenyamanan juga merupakan faktor yang cukup diperhitungkan. Masalahnya, jika tempat nyaman, maka mereka akan betah makan di warung Anda. Dan sebaliknya. Jika tempat Anda tidak nyaman, mereka tidak suka makan di tempat Anda dan paling-paling mereka mencari warung makan lain yang menyediakan tempat makan yang lebih nyaman.

Ini jangan disepelekan lo ya, sebab masalah kenyamanan tempat juga dapat menjadi hal yang akan berpengaruh terhadap suka atau tidaknya pelanggan makan di tempat Anda. Contoh tempat yang nyaman seperti: ruangan yang sejuk, alat makan yang enak digunakan, tempat duduk dan meja yang enak dipakai (tidak reot, kasar dll).

Dari pada mereka pergi satu persatu meninggalkan warung Anda dan menjadi pelanggan warung lainnya, maka segera beri kenyamanan pada mereka. Sediakan tempat duduk dan meja yang nyaman, alat makan yang nyaman, ruangan yang nyaman dll.

6. Banyak berdo'a

Jika sebelumnya Anda telah mengusahakan agar warung makan Anda menjadi ramai, maka tidak lengkap rasanya jika usaha Anda tersebut tidak dibarengi dengan do'a.

Sebab Tuhan lah yang berkehendak. Jadi mintalah kepada Tuhan untuk menghendaki supaya warung makan Anda disukai pengjunjung dan membawa berkah.

Memang, membua usaha warung makan yang ramai itu tidaklah bisa dilakukan secara instan. Perlu proses, kerja keras serta kesabaran. Namun jika tips-tips ini dijalankan dengan baik, saya rasa usaha warung makan Anda akan berkembang menjadi lebih baik lagi. Cukup sekian tulisan ini, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: