>

8 Ciri-ciri Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak/ Bayi

Saudaraku, kali ini saya ingin berbagi tentang ciri-ciri penyakit jantung pada anak atau bayi. Ini bukanlah artikel yang  mengada-ada, atau artikel yang saya copy dari blog lain. Tapi ini merupakan sebuah cerita dari pengalaman saya sendiri sebagai orang tua yang pernah mempunyai anak yang menderita penyakit jantung.

Sekarang siapa sih yang mau anaknya menderita penyakit jantung? Saya rasa tidak ada orang tua yang menginginkannya. Saya sendiri pun juga begitu. Saya ingin agar anak saya sehat selalu dan dijauhkan dari berbagai penyakit yang berbahaya, termasuk penyakit jantung itu sendiri.
bayi dengan kelainan jantung bawaan
Anak saya Nur Fazila Yang Dipanggil Karena Menderita Penyakit Jantung Bawaan sejak lahir :'(
Tapi, Bagaimana jika hal yang tidak kita inginkan terjadi? Contohnya buah hati kita yang sehat ternyata menderita penyakit jantung bawaan sejak lahir? Oleh karena itulah, Anda perlu mengetahui ciri-ciri penyakit jantung pada anak supaya Anda segera membawa anak Anda ke dokter untuk ditangani secepat mungkin agar penyakit jantungnya segera diatasi.

Ciri-ciri penyakit jantung pada Anak/bayi


1. Sering Kaget-kaget

Saat masih ingat sekali, anak pertama saya itu waktu masih bayi gampang sekali kaget. Ada suara sedikit saja kaget, apa lagi suara yang keras. Misalnya ada mobil lewat kaget. Ada orang batuk kaget lagi.

Tidak siang atau malam si baby gampang kaget. Makanya, istri saya selalu menjaga anak saya saat dia sedang tidur.

2. Tidurnya Tidak Nyenyak

Mungkin karena sering kaget atau apa, tidur anak saya seperti tidak pernah nyenyak. Kadang baru tidur berapa menit langsung bangun lagi. Biar cuma dengar orang bersin bangun lagi. Dan ini terjadi setiap hari.

Yang jelas anak saya tidak sama dengan anak-anak kecil yang masih bayi lainnya meskipun seusia. Biasanya kan anak lainnya kalau tidur langsung pulas dan anteng sekali. Jarang bergerak, bahkan jarang kaget kalau masih usia bulanan.

3. Super Aktif dan Tidak Tenang


Anak saya itu aktifnya minta ampun. Bayangkan saja, baru umur 1 bulan sudah miring-miring belajar tengkurap. Umur 1.5 bulan kalau tidak salah sudah tengkurap meskipun satu tangganya belum bisa dikeluarkan. Pokoknya si baby gerakannya aktif sekali. Semua keluarga sampai heran-heran dengan tingkahnya..


Saking aktifnya, anak saya jadi tidak tenang kalau digendong. Maunya jalan-jalan terus, dan menendang-nendang kalau diajak istirahat sebentar. Kalau tidak segera dituruti, si baby langsung menangis..


4. Selalu Menangis Saat dimandikan


Mungkin karena sirkulasi darah kurang bagus, sampai-sampai anak saya itu hampir selalu menangis saat dimandikan. Padahal ini pakai air hangat tapi tetap saja baby merasa seperti kedinginan sekali.


Sedangkan bayi-bayi lain saya perhatikan kalau dimandikan malah senang sekali meskipun cuma pakai air dingin.


5. Sering Menangis Tengah Malam


Saat menjelang wafatnya, anak saya sering sekali menangis kencang tengah malam. Pokoknya kalau sudah dingin mulai menangis dan itu tidak bisa dihentikan dengan cara apa pun sampai pagi dan diam sendiri.. Sedih kalau mengingat waktu itu..


6. Bibir dan Kuku tangannya Membiru


Kalau sudah kedinginan atau saat menagis kencang, maka bibir dan kuku tangan anak saya akan tampak kebiruan. Yah, meskipun tidak biru sekali tapi paling tidak ada bedanya saat anak saya menangis dan tidak..


7. Sering Berkeringat

Si baby, sering sekali berkeringat. Padahal terkadang cuaca tidak lagi panas, udara juga tidak lagi panas.. Tapi sering anak saya keringatan dingin.

8. Sesak Nafas dan Batuk-batuk

Ciri-ciri anak yang menderita penyakit jantung yang selanjutnya adalah, anak jadi sesak nafas dan batuk-batuk. Anak saya juga menderita sesak nafas,  itu karena paru-parunnya juga kena bronhitis. Karena bronkitis makanya si baby jadi batuk-batuk juga..

Saya pernah baca, katanya kalau penyakit jantung koroner dapat menimbulkan penyakit paru-paru. Karena ada jenis jantung koroner yang dapat membuat aliran darah bersih yang seharusnya diarahkan ke seluruh tubuh malah dikembalikan ke paru-paru lagi.

Sobatku, mungkin cuma itulah ciri-ciri penyakit jantung pada anak atau balita yang bisa saya bagikan kali ini. Maaf kalau kata-katanya kurang enak dibaca. Yang penting saya iklas untuk berbagi.

Sebagai catatan: Waktu baru dilahirkan anak saya tampak normal saja, mulai dari berat badan dan pertumbuhannya. Pokoknya sehat seperti bayi lainnya. Anak saya juga gemuk, dan pipinya tembem. Lihat deh, ini fotonya..
ciri ciri penyakit jantung pada anak

Nah, barulah menjelang berpulangnya si baby badannya mulai turun..

Artikel ini cuma untuk berbagi pengalaman saja. Tidak ada niat untuk menakut-nakuti Anda. Saya cuma berharap, semoga dengan membaca artikel ini Anda mendapatkan titik terang tentang anak atau adik Anda yang dicurigai menderita penyakit jantung bawaan agar segera membawanya ke dokter supaya cepat ditangani.

Untuk Anda, mohon doanya agar anak Nur fazila saya yang meninggal karena penyakit jantung itu ditempatkan di tempat yang terbaik di alam kubur sana, aamin.. :'(

Demikian tulisan tentang ciri-ciri penyakit jantung bawaan pada anak, semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda.. Wassalamualaikum..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 Ciri-ciri Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak/ Bayi"

  1. saya mau tanya, penyakit jantung bawaannya jenis apa? anak saya juga menderita pjb sekarang baru 2bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak tau juga jenis apa ibu,, tapi yang jelas dia sakit jantung dan bronkitis katanya dokter.. mudah2han anak ibu cepat sembuh ya.. :)

      Delete