>

Yang Pernah Sekolah, Buanglah Struk ATM Pada Tempatnya

Hari minggu 2 hari yang lalu, saya singgah di ATM pertamina jalan sisingamangaraja palu. Pas masuk, seperti biasa saya melihat pemandangan yang begitu menggatalkan mata. Lihat nih, orang-orang pada membuang sembarangan sisa struk ATM, dan membiarkannya berserakan begitu saja.

sisa struk atm
Tidak asik kan melihat pemandangan seperti itu? Padahal sudah jelas-jelas bahwa di samping ATM telah disediakan tempat sampah untuk menampung sisa struk ATM atau sampah-samph lainnya. Lha ini kenapa kok cuma dihambur-hambur seperti itu?

Orang yang membuang sisa struk ATM, berarti mereka memiliki ATM. Nah, kalau punya ATM, berarti kita sudah sangat dekat dengan teknologi. Itu artinya kita adalah orang-orang pintar yang tidak perlu diajarkan lagi membuang sampah pada tempatnya. Tapi, nyatanya kok seperti ini ya.. ?

Kadang saya heran.. Padahal sejak kecil, sejak TK dan SD kita selalu diajarkan oleh guru untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan kita pun juga mengajarkan kepada anak-anak dan adik-adik kita untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Tapi kenapa begitu praktek di lapangan kita gagal?

Sebenarnya apanya yang salah dalam kasus ini? Apakah kita yang lupa akan pesan guru-guru kita dulu, apakah tempat sampahnya terlalu kecil? Apakah kita terlalu sibuk sampai-sampai setelah mencabut uang di ATM tidak sempat menengok ke tempat sampah lagi? Atau kita sudah menjadi manusia yang malas dan kehilangan rasa peduli terhadap lingkungan!!!

Maaf, artikel ini bukan untuk menyudutkan salah satu atau beberapa pihak. Tapi artikel ini untuk mengingatkan semuanya, termasuk saya pribadi untuk tidak membuang sisa struk ATM sembarangan.

Yuk, sobatku semua, kita berfikir sejenak. Mulai sekarang kita budayakan hidup bersih, hidup lebih disiplin, dan hidup lebih peduli terhadap lingkungan agar Bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju lagi. Kalau pun tidak maju dalam soal ekonomi dan teknologi, paling tidak bangsa kita lebih maju karena memiliki manusia-manusia yang berbudi pekerti yang baik...

Demikian tulisan sederhana ini, semoga bisa memberi manfaat.. Silahkan dibagikan jika Anda berkenan.. Wassalamualaikum... :)

Subscribe to receive free email updates: